Mengenal Excel macro VBA

Apa excel macro itu? penjelasan sederhananya adalah membuat program di dalam program. (visual basic for application) vba ini digunakan untuk memudahkan suatu pekerjaan yang dilakukan di dalam program excel.
Jika ingin belajar tentang VBA tentunya harus mengenal VBE dan semua komponen di dalamnya, berikut penjelasan secara singkatnya:

Visual basic editor VBE
Berisi tool pemrograman VBA yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu permasalahan menggunakan bahasa pemrograman visual basic pada microsoft office.  untuk menampilkan VBE cara pintas menggunakan (alt + f11).  didalamnya terdapat menu-menu untuk membuat tampilan dan pengkodean VBA. diantaranya:

Project explorer
Ini digunakan untuk navigasi seluruh obyek yang ada didalam proyek. secara garis besar dikelompokkan lagi kedalam sub -sub yang lebih kecil, Object, form, modules dan class modules.
dari navigasi ini anda dapat melihat tampilan code program dan menampilkan pengaturan tata letak objek. fasilitas yang ada didalamnya bisa mengeksport, import, proteksi code VBA dll.

Properti window
Digunakan untuk menampilkan properti yang dimiliki sebuah objek. misalkan pengaturan nama, warna, teks, caption, ukuran, dll. semua kelengkapan dari objek.

Code Window
Untuk melihat pengkodean, membuat listing program atau melakukan modifikasi dapat dilakukan pada jendela ini. terdapat kotak combo object selector dan even selector. object selector digunakan untuk memilih object yang sedang aktif berikut object yang dimiliki, sedangkan even selector digunakan untuk memilih event yang dimiliki object.

Object window
Tempat untuk menampilkan, membuat dan mengatur tampilan object form. ini sering dikolaborasikan dengan toolbox sebagai penambah objectnya.

Object Browser
Digunakan untuk menampilkan dan melakukan pencarian terhadap semua object yang terdapat dalam VBA serta untuk mengetahui properties, method, events yang terkait dengan object tersebut. method merupakan suatu set perintah seperti halnya fungsi dan prosedur namun sudah tersedia didalam suatu object. sedangkan event adalah sebuah pemicu untuk suatu program pada saat dijalankan.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More