Batch file


Apa itu batch file dan mengapa dibutuhkan?

Sebuah file batch adalah file teks yang berisi serangkaian perintah. Penggunaan yang paling umum untuk memulai program dan menjalankan utilitas.
Batch file hanya digunakan untuk melakukan satu perintah bukan perintah ganda yang biasanya diperlukan. Mungkin dapat disamakan dengan ikon jalan pintas, jalan pintas untuk mengeksekusi perintah dos.
Menggunakan batch file untuk memulai sebuah program berarti bahwa pernyataan path anda dibuat lebih pendek. Ini berarti lebih sedikit direktori di mana DOS harus mencari selama operasinya. Dengan menggunakan batch file ruang untuk program lain yang sedang dijalankan tidak akan terganggu.
Batch file juga dapat membuat keputusan untuk melakukan operasi dengan disertakan kondisi tertentu (ada atau tidak ada). Yang paling canggih bahkan dapat mengemulasikan perintah yang biasanya tidak disertakan dengan sistem operasi DOS.
penggunaannya sangat sederhana:
pertama siapkan notepad editor, ketikkan kodenya, kemudian simpan notepad dengan pilih ekstensi untuk (all file) untuk nama filenya beri ekstensi *.bat. lalu simpan.
Misal kode untuk mengcopykan file folmulir.doc yang ada di drive D ke folder C:\WINDOWS\system32 :

copy "D:\formulir.doc" "C:\WINDOWS\system32" /y

Ketika file *.bat dijalankan file folmulir akan tercopykan ke drive C.

> Untuk mempersiapkan kelengkapan software excel solution kami menggunakan tambahan (dynamic link library) misal "CDDBControl.dll" yang digunakan untuk print multi dan lainnya. cukup hanya dengan menjalankan satu file ber extensi "*.bat" persiapan dari komputer untuk penggunaan program ini dapat dijalankan tanpa gangguan.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More