Tentang aplikasi pendaftaran berbasis excel

Berikut adalah tampilan dari menu utama ketika file program dijalankan, terdapat menu input registrasi edit data registrasi, input nilai tes, status penerimaan seleksi, input her registrasi, edit data her registrasi, data yang telah registrasi, rekapitulasi data baik registrasi maupun yang her registrasi, print report data her registrasi dan sheet untuk masuk kedalam sheet data.




Alur dari program menyesuaikan bentuk pendaftaran. Alur pendaftaran dibagi kedalam dua gelombang karena sekolah menentukan dua gelombang pada sistem pendaftarannya.
1. Peserta mendapatkan formulir registrasi dari panitia
2. Formulir registrasi dikembalikan kepada panitia untuk di inputkan kedalam database
3. Peserta mengikuti tes
4. Hasil tes di inputkan kedalam database
5. Sidang yudisium dilaksanakan untuk memilih peserta yang dinyatakan diterima
6. Pengumuman dari sidang yudisium penerimaan siswa di publikasikan
7. Peserta yang dinyatakan lulus menyerahkan formulir her registrasi
8. Formulir her registrasi diinputkan kedalam database
9. Report dari penerimaan siswa baru di cetak
Tampilan user friendly untuk formulir pendaftaran, form ini didesain dengan sedemikian rupa untuk memudahkan input data dan untuk mengurangi kesalahan. Perpindahan dari text box satu ke yang lainnya terurut dan dapat dijalankan dengan tab maupun tombol enter pada keyboard.

Terdapat tombol simpan pada form setelah semua data diisikan, tombol ini langsung terhubung ke-file excel untuk melakukan saving document. Tobol Clear digunakan untuk mengosongkan kolom-kolom isian data.
Pada data registrasi yang telah di inputkan kedalam database, dapat langsung di cetak lembar untuk tes. Dengan menekan tombol print yang sesuai dengan pilihan pendaftar .
lembar tes yang telah di cetak ini langsung bisa dibawa peserta untuk mengikuti tes yang disediakan panitia. Lembar tes tersebut diberikan kembali kepada panitia tes untuk di isikan hasil dari tes yang ditempuh.

Input nilai dari panitia tes dikembalikan untuk diinputkan dan direkap isinya kedalam database. Form nilai dijalankan dengan memanggil data dari nomor pendaftaran peserta ataupun dengan memanggilnya dari nama peserta. Berisi tombol insert kedalam database dan clear untuk mengosongkan kolom.
Tombol print di pakai jika dibutuhkan rekap yang jelas dari nilai ujian maupun dari hasil wawancara tes per pendaftar. Untuk sidang yudisium penerimaan siswa baru.

Setelah sidang yudisium digelar, form status diterima, ditangguhkan atau tidak diterima di isikan.  Berisi tombol update yang akan melengkapi database.

Rekapitulasi data diproses apabila diperlukan statistik terhadap jumlah pendaftar maupun daerah asal dari para peserta. ini berguna bagi sekolah untuk skema keberhasilan pelaksanaan promosi bagi sekolah. Ataupun mempersiapkan angket data untuk dinas yang terkait.

Pada rekapitulasi data yang kedua, jumlah pendaftar yang mengembalikan formulir pendaftaran dan her registrasi diketahui, secara otomatis semua data akan diambilkan dari database. Jumlah pendaftar laki-laki dan perempuan, jumlah siswa yang diterima, nilai uan tertinggi dan terendah hingga batasan kuota penerimaan siswa baru dalam sekolah. Semuanya tersaji dalam rekapitulasi data.

Formulir her registrasi yang telah dikembalikan kepada panitia di isikan, dengan memanggil dari nomor maupun nama pendaftar kelengkapan data dari siswa baru disesuaikan. Terdapat tombol simpan yang akan mengarah kepada database her registrasi dan tombol clear untuk membersihkan kolom.



Apabila ada kesalahan dalam penginputan data, maupun ada kelengkapan data susulan dari peserta yang belum terpenuhi, form inilah yang digunakan untuk mengubahnya.
Form ini juga dapat difungsikan sebagai ceking data yang telah lengkap dari pendaftaran hingga proses akhir diterimanya siswa baru. Dapat juga digunakan untuk menampilkan data dari kelengkapan siswa tertentu.


Bagian paling akhir dari penerimaan siswa baru ini adalah report untuk dokumentasi sekolah. Semua data yang telah diinputkan dalam database dicetak untuk seluruh keperluan kegiatan sekolah.
Pencetakan data menggunakan print multi, data siswa baru keseluruhan dicetak dengan menekan satu tombol print.


Ada beberapa dari kemampuan software ini yang belum kami tampilkan, misalnya cetak kartu siswa secara masal, pas foto yang langsung diinputkan kedalam database, urutan statistika rangking kemampuan dari pendaftar dll.


Kami excel solution akan mengkostumisasi perangkat lunak ini disesuai dengan  kebutuhan sistem pendaftaran sekolah pemesan.
Sebelum anda menggunakan software ini, pastikan semua persiapan telah dijalankan:
1.    Terdapat software Microsoft office excel didalam komputer
2.    Cara pengaktifan software, pada excel 2003 masuk ke menu tools kemudian pilih macro  protection set ke low level
3.    Cara pengaktifan software yang berjalan pada Microsoft excel 2007 2010 hanya dilakukan pada saat program dibuka, tekan enable macro.
4.    Program siap dijalankan.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More