Kelebihan Excel database dibandingkan access database

Access merupakan database yang bagus dan dapat dipakai sebagai file portable/berdiri sendiri, namun tidak semua orang familiar dengan program access. sebab untuk pengguna rata-rata merasa kesulitan dengan rumitnya pengaturan data dari yang dibutuhkan.

Excel lah satu-satunya database yang dapat digunakan tanpa semua merasakan kesulitan mengunakannya, excel merupakan alat yang sempurna untuk membangun database bagi usaha kecil dengan format tabel yang mampu menyimpan 65000 record baris dan 256 kolom. database yang cukup untuk menyimpan file yang dibutuhkan. satu file excel dapat memiliki puluhan atau bahkan ratusan lembar tabel dan hampir semua komputer dengan sistem operasi windows memiliki MS office yang didalamnya terdapat paket excel. excel memiliki kemampuan komputasi lebih kuat dari access. ratusan built in fungsi dan puluhan fungsi database. dapat juga mengembangkan bentuk macro (dropdown list, tombol pilihan, combo box, label, dll) report dapat diolah dari pivot tabel, charting, seleksi, penyaringan/Query.

Pengguna dapat mengatur akses untuk publik dan membuat batasan kata sandi sebagai perlindungan. sehingga lebih leluasa mengatur dan mengontrol programnya sendiri.

Untuk format laporan dan tataletak excel dapat mudah untuk dimodifikasi dan sangat sederhana, hanya dilakukan pada sheet yang berbeda.

Excel vba dapat berinteraksi dengan aplikasi outlook untuk mengirim surat secara otomatis, dapat digunakan untuk mengirim email serentak kepada kelompok yang berbeda dengan subject dan isi yang berbeda pula. pelaporan dapat di lakukan dalam bentuk tabel maupun grafik.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More