Microsoft Query untuk mengolah data excel menjadi data relasional

Menghubungkan data dengan data tabel satu dengan tabel yang lain sangat mungkin dilakukan dalam excel, kemudahan untuk melakukan format dan mengambil data dapat dilakukan pada Microsoft Query. dengan fasilitas ini kita dapat menggabungkan range dengan range menjadi saling terhubung seperti halnya relasi tabel pada database.
kita dapat menggabungkan, melakukan penyaringan data, pengelompokan berdasarkan ketentuan tabel dan segala fungsi dalam SQL dapat dijalankan dengan ini. lebih mudahnya lagi kita dapat menampilkan Query dengan pivot tabel.

Berikut langkah-langkah untuk menjalankan Microsoft Query:
1. Membuat Koneksi
Sebelumnya pastikan terlebih dahulu Microsoft Query telah terpasang pada komputer anda, buka data excel pada workbook yang akan di olah reportnya kemudian buat koneksi.

Data>Get External Data >From Other Source>From Microsoft Query>kemudian pilih<New Data Source>
Pada dialog yang muncul (Create New data Source) isikan data sesuai yang kita butuhkan.  Jika sudah terisi Klik (Connect) untuk mengatur koneksi. Tekan tombol (Select Workbook) pilih file yang akan di olah. Kemudian tekan tombol OK untuk menampilkan lembar pemilihan data source yang telah dibuat (Choose Data Source).

2. Membuat Query
Pada lembar pemilihan data source (Choose data Source) tekan OK untuk menggunakan data dan membuat tabel koneksi (add table) setelah tabel di pilih dan dijalankan Microsoft Query akan menampilkan komponen keseluruhan tabel dalam tampilan yang sangat mudah.

3. Membuat Koneksi SQL
Disinilah kita bisa menjalankan pengaturan koneksi antar tabel, penggunaan SQL hingga hal yang paling dasar misal menampilkan beberapa komponen berdasarkan ketentuan.

4. Eksport data dari Microsoft Query
Jika semua ketentuan dari SQL telah terpilih, yang dilakukan kemudian adalah mengeluarkan data kedalam format excel workbook. Tempatkan tabel pada lembar kerja anda, dan hasilnya dapat kita tampilkan dalam bentuk pivot tabel.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More