Aplikasi pendaftaran berbasis excel

Apa aplikasi pendaftaran berbasis excel itu?
Sebuah aplikasi sederhana pada excel yang digunakan untuk memasukkan informasi pendaftaran peserta kedalam database sehingga bisa mengolahnya kembali untuk keperluan statistik yang lainnya.

Siapa yang membutuhkan aplikasi pendaftaran berbasis excel?
Registrasi peserta seminar- pendaftaran lomba - penerimaan siswa baru atau apapun keperluannya tak lepas dari formulir dan database. Pengisian data formulir rentan terhadap kesalahan, baik itu penginputan data (human error) ataupun pengolahannya.

Mengapa menggunakan aplikasi pendaftaran berbasis excel?
Kebanyakan program database misalkan menggunakan visual basic, C++, php dan lain-lain. tidak secara langsung bisa menampilkan list data yang bisa diubah sesuaikan sesuai kebutuhan kita.

Untuk mempermudah pengarsipan formulir dan kecepatan penggunaan data. Excel macro memberikan kemudahan dalam pembuatan form dan dipadukan dengan data list. Sehingga pengisian data lebih terbantu dengan menyiapkan format sedemikian rupa sehingga familiar dengan pengguna. misalkan perpindahan dari kolom ke kolom menggunakan tabbing atau enter, dapat di sesuaikan dengan kebiasaan pengguna. 

Dari hasil yang telah diinputkan kedalam tabel dapat kita lihat secara langsung dari sheet data atau kita tampilkan kembali kedalam format form dengan memanggil sesuai dengan kode yang telah ada.
Setelah semua data terkumpul kedalam database, kita dapat mengolah secara langsung baik itu laporannya, statistiknya, grafik datanya ataupun untuk keperluan cetak mencetak.

Pengubahan dan penyesuaian aplikasi pendaftaran berbasis excel dapat dilakukan untuk.
• Auto Print Formulir Pendaftaran yang mudah dengan sekali klik sehingga sekolah tidak perlu memesan formulir pendaftaran khusus. Formulir yang disediakan bisa digunakan untuk SMK atau umum mulai SD sampai SMA.
• Seleksi berdasarkan UAN . Proses penerimaan bisa menggunakan seleksi nilai UAN sehingga hanya nilai UAN yang tertinggi didalam pagu yang bisa diterima di sekolah.
• Seleksi Berdasarkan Test Proses penerimaan bisa menggunakan seleksi nilai Test sehingga hanya nilai Test yang tertinggi didalam pagu yang bisa diterima di sekolah. Tes yang diadakan bisa berupa tes potensi akademik maupun test IQ.
• Seleksi Kombinasi atau Gabungan. Dengan menggunakan menu ini maka sekolah bisa mengadakan seleksi menggunakan kombinasi prosentase nilai antara nilai UAN dan nilai test.
• Daftar Ulang. Siswa yang dinyatakan diterima bisa melakukan proses daftar ulang. Program hanya mengijinkan yang sudah diterima saja yang bisa melakukan daftar ulang.
• Laporan Proses penerimaan yang lengkap sehingga sekolah bisa mengetahui siapa yang mendaftar dan siapa yang diterima, serta siapa yang tidak diterima.

Kebutuhan Sistem.
Aplikasi pendaftaran berbasis excel membutuhkan Microsoft ® Windows 98/Me/2000/2003/XP/Vista/Win 7, atau Windows NT 4.0SP6. Jika Anda menjalankan salah satu sistem operasi dan memiliki mouse yang kompatibel dengan Windows atau menunjuk perangkat, sistem anda telah memenuhi semua persyaratan yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi pendaftaran berbasis excel.
Tidak membutuhkan instalasi apabila anda telah mempunyai Microsoft excel yang telah terinstal di komputer anda. Hanya tinggal mengaktifkan otoritas keamanan excel macro vba dan program siap dijalankan.

Contoh software:
Aplikasi pendaftaran workshop dan seminar Download

Keterangan lengkap software
Aplikasi pendaftaran siswa baru Lihat lebih detail

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More