Excel macro untuk auto filter data (basic)
Membuat seleksi dari data pada excel 2007 sangat mudah dilakukan, fungsi ini untuk menyembunyikan data yang tidak kita inginkan dan hanya menampilkan sesuai data dengan kriteria tertentu.
1. Yang pertama perlu dipersiapkan adalah membuat heading pada tiap-tiap tabel.
2. Blok data yang ingin di filter
3. Aktifkan filter data dengan memilih tab data > filter
4. Pada setiap header akan muncul tombol kebawah, tombol ini yang digunakan untuk seleksi data.
5. Pilih dan centang pada data yang ingin ditampilkan
Untuk menggunakan Vba macro gunakan formula seperti dibawah ini. isikan range sesuai tabel, isi field sesuai kolom, kriteria sesuai kriteria yang dipilih atau dijadikan acuan filter.
Sub filter()
ActiveSheet.Range("$A$1:$Z$197").AutoFilter Field:=3, Criteria1:="B"
ActiveWindow.SmallScroll Down:=-24
End Sub
1. Yang pertama perlu dipersiapkan adalah membuat heading pada tiap-tiap tabel.
2. Blok data yang ingin di filter
3. Aktifkan filter data dengan memilih tab data > filter
4. Pada setiap header akan muncul tombol kebawah, tombol ini yang digunakan untuk seleksi data.
5. Pilih dan centang pada data yang ingin ditampilkan
Untuk menggunakan Vba macro gunakan formula seperti dibawah ini. isikan range sesuai tabel, isi field sesuai kolom, kriteria sesuai kriteria yang dipilih atau dijadikan acuan filter.
Sub filter()
ActiveSheet.Range("$A$1:$Z$197").AutoFilter Field:=3, Criteria1:="B"
ActiveWindow.SmallScroll Down:=-24
End Sub